Hewan Burung Gelatik Si Kecil yang Menawan

Burung Gelatik

Hewan Burung Gelatik, atau dikenal dengan nama ilmiah Padda oryzivora, adalah burung kecil yang populer sebagai burung hias dan peliharaan. Dikenal dengan keindahan bulu dan kicauannya yang merdu, burung gelatik memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung.

Deskripsi Fisik

Burung gelatik memiliki tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 14-17 cm dan berat sekitar 20-25 gram. Bulu mereka biasanya berwarna abu-abu dengan kepala hitam, pipi putih, dan paruh merah muda yang kuat. Variasi warna lain juga ada, seperti gelatik putih dan gelatik hitam, hasil dari pembiakan selektif.

Habitat dan Sebaran

Burung gelatik berasal dari kepulauan Indonesia, terutama di Jawa, Bali, dan Sumatera. Mereka dapat ditemukan di berbagai habitat seperti sawah, ladang, hutan tepi, dan pemukiman manusia. Burung gelatik juga telah diperkenalkan ke berbagai negara lain sebagai burung peliharaan dan telah beradaptasi dengan baik di lingkungan baru.

Perilaku dan Kebiasaan

Burung gelatik dikenal sebagai burung yang sangat sosial dan suka hidup berkelompok. Mereka aktif di siang hari dan sering terlihat mencari makan bersama-sama. Makanan utama burung gelatik adalah biji-bijian, terutama padi, namun mereka juga memakan serangga kecil dan buah-buahan.

Kicauan burung gelatik sangat merdu dan bervariasi, membuatnya populer di kalangan pecinta burung kicau. Mereka juga dikenal memiliki kebiasaan mandi dan membersihkan bulu dengan teliti, menjaga penampilan mereka tetap bersih dan menarik.

Reproduksi

Burung gelatik berkembang biak sepanjang tahun, terutama di musim hujan ketika makanan berlimpah. Betina biasanya bertelur 4-6 butir telur yang dierami selama sekitar 13-15 hari. Setelah menetas, anak burung akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka siap untuk terbang dan mandiri dalam waktu sekitar 3 minggu.

Peternakan dan Perawatan

Burung gelatik sangat populer sebagai burung peliharaan karena perawatannya yang relatif mudah dan sifatnya yang jinak. Mereka memerlukan kandang yang cukup luas untuk terbang dan bermain, serta makanan yang seimbang berupa biji-bijian, sayuran, dan sedikit buah. Interaksi sosial sangat penting untuk kebahagiaan mereka, sehingga disarankan memelihara lebih dari satu burung gelatik.

Penutup

Burung gelatik adalah burung kecil yang mempesona dengan kicauannya yang merdu dan penampilan yang menawan. Keberadaannya yang mudah ditemui dan perawatan yang sederhana menjadikannya pilihan favorit bagi banyak pecinta burung. Dengan perhatian yang baik dan lingkungan yang mendukung, burung gelatik dapat menjadi teman yang menyenangkan dan penuh warna di rumah.